Assalamualaikum.............

“ Bina Kreatif ” Talk a bout ………

Mengigau …. Susah makan ……. dan sulit pakai baju

Kak Wien ….. Anak saya suka “mengigau”

Sejak anak saya berumur 2 tahun sampai sekarang 7 tahun hampir setiap malam ia tidur sambil mengigau apa penyebabnya ?

Solusi Psikolog :

Mengigau atau bicara dalam tidur adalah keadaan ketika anak berkata-kata /bicara sendiri baik secara jelas maupun tidak jelas pada saat ia tidur nyenyak. Gangguan tidur ini biasanya terjadi ketika anak berusia 2-6 tahun. Mengigau umumnya terjadi karena pada saat akan tidur, kondisi emosi anak tidak dalam keadaan tenang. Penyebab-penyebabnya antara lain:

  • Anak tidur dalam kondisi terlalu lelah baik secara fisik maupun emosi. Bisa diakibatkan karena aktivitas yang berlebihan sebelum tidur seperti loncat-loncat diatas kasur atau bercanda sampai tertawa terpingkal-pingkal.
  • Tidur terlalu larut sehinga anak tidur dalam keadaan sudah sangat lelah.
  • Lingkungan sekitar anak ketika tidur terlalu bising, misalnya, TV yang menyala terus.
  • Adanya fantasi yang menegangkan / menakutkan dari film atau buku cerita yang dibaca anak.
  • Ada masalah dalam hubungan anak dengan orang tua atau disekolah yang menimbulkan kecemasan sehingga terbawa saat tidur.

Sebagai orang tua, Bapak / Ibu bisa mencoba melakukan beberapa cara dibawah ini:

  • Ciptakan suasana yang menenangkan sebelum tidur , misalnya berdoa bersama , mematikan TV dan lampu , serta bicara dari hati ke hati sebelum tidur tentang apa yang terjadi hari itu.
  • Kondisikan fisik anak dalam keadaan relaks dan bersih , misalnya, membiasakan ritual gosok gigi atau membersihkan tangan dan kaki sebelum tidur.
  • Hindari kegiatan fisik yang berlebihan sebelum tidur seperti bercanda ditempat tidur.
  • Berikan perhatian dan kasih sayang yang cukup karena sering kali kecemasan yang muncul dalam bentuk mengigau yang berhubungan erat dengan bagimana perlakuan orang tua terhadap anak. misalnya , hukuman berlebihan , kurang diperhatikan , atau tuntutan yang berlebihan pada anak.
  • Jika masalah ini masih terus berlanjut , bapak / ibu bisa mengkonsultasikan masalah ini pada psikolog atau psikiater anak.

Kak Wien …….

Anak saya susah makan dan sering nggangguin adiknya , bagaimana mengatasinya ?

Saya mempunyai anak perempuan berusia 2 tahun, Ia sudah makan dan minum susu, Setiap diberi makan atau minum harus selalu ditakut - takuti dengan sesuatu. Kalau tidak begitu ia tidak mau, Ia juga suka cari gara - gara yang membuat saya kesal dan marah misalnya, Ia suka sekali menggoda adiknya , kata orang ia cemburu terhadap adiknya, Bagaimana saya mengatasinya?

Solusi Psikolog :

Aktivitas makan adalah aktivitas wajib untuk anak demi kesehatan dan pertumbuhanya. Karena itu, sebaiknya anak menyadari manfaat dari makan. Jangan sampai anak “ terpaksa ” makan karena ancaman atau ditakut - takuti. Apalagi ditakut - takuti juga akan membuat anak takut pada objek atau figure tertentu. Misalnya , para ibu suka menakut-nakuti kalau tidak makan, nanti dimarahi Pak Satpam. Maka dalam diri anak akan terbentuk citra buruk dan ia jadi takut pada figur tersebut. Atau, yang terjadi justru bisa sebaliknya, ia tidak akan takut lagi pada ancaman Ibu ( tidak mempan lagi ). Ini berarti anda harus terus mencari bahan ancaman baru atau hal lain yang ditakuti oleh anak. Cara ini tentu akan melelahkan pikiran. Lagi pula, sampai kapan anak akan hidup dibawah “ ancaman “?

Saya menyarankan agar Anda jangan pernah menyerah mencoba berbagi variasi dalam jenis makanan , suasana makan , cara pemberian makanan , tempat memberi makan, dan lain – lain. Sampai menemukan trik yang paling jitu supaya anak mudah makan. Ada anak yang menjadi lahap makan karena sajian makanan yang kreatif ( dibentuk muka orang / nasi dicetak bentuk lucu ) , ada anak yang lahap dengan cita rasa makanan yang variatif (mungkin saja ia bosan dengan jenis makanan yang itu - itu saja ) , ada anak yang mudah makan jika yang memberi makan adalah ibunya sendiri bukan pembantu , ada anak yang mudah makan jika ada anak lain seusianya yang juga makan , ada yang suka makan dengan diiringi musik lucu. Memang tugas ibulah untuk mencari pendekatan seperti apa yang cocok untuk anak.ingat, setiap anak itu unik. Belum tentu pendekatan yang berhasil pada seorang anak, berhasil untuk anak Anda. Sekali lagi , jangn menyerah pada penggunaan ancaman karena efek jangka panjangnya akan lebih sulit ditangani. Para ibu juga bisa mendongeng untuk anak sebelum tidur dengan tema yang dikaitkan dengan masalah susah makannya anak. Lewat cerita , anak bisa terdorong untuk mau makan.berikut tip praktis lain yang bisa anda terapkan :

· Kurangi kudapan atau jangan memberikan kudapan sama sekali diantara jam makan, termasuk susu , sehingga makanan utama lebih lahap dimakan anak.

· Biarkan anak makan sendiri. Anak seusia ini sedang ingin menunjukan kemandirianya, jadi ia akan senang sekali jika Anda precaya bahwa ia bisa makan sendiri. Jangan takut kotor atau makanan akan tercecer kemana – mana, toh itu bisa dibersihkan , bukan?

· Hindari memberikan porsi yang banyak kepada anak, sehingga anak merasa sulit menghabiskanya.Lebih baik memberikan porsi sedikit demi sedikit, jika anak merasa kurang, ia boleh meminta tambah.

Untuk masalah suka menggoda adik , hal itu mungkin memang karena ia merasa cemburu. Anda bisa mengatasinya dengan melungkan waktu bersamanya sebisa mungkin atau ayah bisa lebih banyak berperan disini ketika ibu sibuk mengurus sang adik. Memang anak seusia ini masih belum sepenuhnya paham jika diajak bicara apalagi kemampuan bicaranya belum berkembang. Namun dengan menghabiskan waktu bersamanya, Misalnya mengajaknya bermain , anak akan mengerti bahwa ia tetap diperhatikan. Sesekali libatkan ia dalam mengurusi adiknya , misalnya , mintalah bantuanya untuk mengambilkan bedak, popok , atau benda lainya yang mudah ia jangkau. Perilaku menggoda adik juga bisa disebabkan karena anak ingin tahu. Hadapi dengan tenang dan ajarkan ( raih tanganya dan peragakan ) kepada anak bagaimana menyentuh adik tanpa menyakiti.

Kak Wien …….. Anak saya sulit memakai baju…..

Saya mempunyai anak 3 tahun 4 bulan. Setiap hari saya sangat kesulitan untuk memakainya baju.bagaimana cara membujuknya.?

Solusi Psikolog :

Anak seusia itu memang acap kali senang bertelanjang , apalagi ketika habis mandi. Di usia ini norma tentang tama krama belum sepenuhnya diterapkan anak dalam tingkah lakunya sehingga belum ada rasa malu dengan aksinya ini. Banyak hal yang menyebabkan ia berperilaku denikian , diantaranya ia merasakan sensasi ”kesegaran” pada tubuhnya terasa lebih enak jika tidak pakai baju , mencari perhatian , atau memang tidak suka dengan bajunya.

Meskipun prilaku ini masih dalam batas kewajaran , tetapi tentu saja tidak bijak juga jika dibiarkan. Beberapa pendekatan berikut ini bisa anda coba terapkan pada si kecil:

Tegaskan pada anak bahwa waktu yang ada terbatas. Katakana padanya , jika ia terus berlarian atau mnolak pakai baju, Anda akan beralih mengerjakan hal lain seperti memasak, membereskan rumah , atau pergi ke kantor.

Jika lingkungan rumah cukup aman ( pintu keluar tidak terbuka ) , usahakan untuk tidak mengejar - ngejar anak ketika ia lari menghindar untuk dipakaikan baju. jika dikejar , anak justru akan menikmati “ main kejar – kejaran ” Ini sehingga malah memperkuat perilaku sulit pakai bajunya.

Tanamkan norma mengenai tata krama pada anak seperti : memakai baju harus dikamar , malu kalau terlihat orang dalam keadaan telanjang. Tanamkan pula nilai nilai yang terkait dengan kebersihan dan kesehatan “ Nanti masuk angin atau digigit nyamuk lho kalau tidak pakai baju.”

Memilih baju bersama. Untuk menghindari ketidak sukaan anak pada baju berikan kesempatan pada anak untuk memilih pakaiannya sendiri. Hal ini sekaligus untuk melatih kemandiriannya. Pakaian apa saja boleh , tentu saja anda sudah menyeleksi sebelumnya untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Jangan lupa juga berikan contohnya misalnya , anda membiasakan diri berpakaian di kamar mandi jika kamar mandi terletak diluar kamar tudur. Dan juga ciptakan suasana yang menyenangkan ketika memakaikan baju pada anak , misalnya sambil menyanyi atau sambil bercerita yang menarik, misalnya “ ha haa… akulah si celana panjang mana kaki kanan yang akan aku tutupi?” …. Semoga berhasil.

Dari seputar cerita berbagai sumber.

Comments :

0 komentar to “Assalamualaikum.............”

SEMINAR PSIKOLOGI ( Sasaran Orang tua dan pelaku Pendidikan)

SEMINAR PSIKOLOGI ( Sasaran Orang tua dan pelaku Pendidikan)
Tujuan : Memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada orang tua tentang perkembangan psikologi dan perkembangan emosional anak, sehingga bisa mencari solusi permasalahan anak dengan tepat.

"SMART Parenting Bina Kreatif Kids Care"

"SMART Parenting Bina Kreatif Kids Care"
"Sekolah yang baik adalah sekolah yang bisa meng-akumudir style dan potensi anak, jadi sekolah yang favorit menurut kebanyakan orang belum tentu baik untuk anak kita."Cuplikan dialog (Red)

KANTOR " BINA KREATIF "

KANTOR " BINA  KREATIF "
Alhamdulillah Kantor sekaligus tempat berbagi pengetahuan tumbuh kembang anak telah dioprasikan. Ingin Info lebih banyak silahkan Hubungi Management BKKC : 021 95192514 semoga banyak manfaatnya. Amin.

TEAM BINA KREATIF KIDS CARE

TEAM  BINA KREATIF KIDS CARE
Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing , tugas kita sebagai orang tua hanyalah membimbing , mengarahkan dan mendidiknya dengan baik. Kesabaran dalam mengasuh anak adalah kunci utama keberhasilan menjadikan anak - anak yang hebat , berakhlaq dan cerdas.
 

INFO 2009

INFO  2009

CONSULTING INFORMATION

CONSULTING  INFORMATION

INGIN KONSULTASI PSIKOLOGI

INGIN  KONSULTASI PSIKOLOGI