PERLUKAH KURSUS UNTUK ANAK


Bina Kreatif talk about …….

HARUSKAH ANAK IKUT KURSUS?

Oleh: Tim Bina Kreatif


Hari ini suasana di suatu sekolah sangat ramai dengan orang tua yang datang. Ya….hari ini adalah hari pengambilan raport. Sambil menunggu giliran, ada sekelompok ibu – ibu yang anaknya masih duduk di kelas 1 asyik mengobrol.

“Bagaimana anaknya Bu, kalau diluar sekolah dimasukkan les apa nih? Kalau anak saya sih saya suruh kursus sempoa dan bahasa inggris. Dua kali seminggu anak saya harus mengikuti bimbel. Lumayanlah, nilai pelajaran disekolah jadi meningkat.”

“ Iya Bu, anak saya juga punya banyak kegiatan diluar sekolah. Senin ikut kursus komputer, Selasa dan Kamis ikutan les mengaji, Rabu dan Jum’at ikut kursus Bahasa Inggris. Maklumlah kami kedua orang tuanya bekerja, jadi kami pikir harus ada kegiatan untuk anak kami selama kami tidak ada dirumah kan?”

“Lho…… apa anaknya nggak capek Bu?”

“Ah, selama ini baik- baik saja kok. Toh kami memasukkan anak ke berbagai macam kursus itu tanpa paksaan. Saya tidak ingin dia seperti saya dulu,yang tidak punya kesempatan untuk les. Saya ingin anak saya jadi anak yang aktif”

Obrolan ibu – ibu diatas menunjukkan pada kita bahwa saat ini fenomena anak usia dini yang harus mengikuti kursus adalah hal yang biasa. Berbagai alasan dikemukakan orang tua mulai dari sekedar mengisi waktu luang anak sampai pada keinginan orang tua untuk mempersiapkan masa depan anaknya agar siap berkompetisi dan tidak tertinggal. Tidak seperti kita di era 80-an, tidak banyak kursus yang ada. Kalaupun ada, paling - paling yang berhubungan dengan seni seperti musik dan menyanyi.

Pada jaman sekarang para orang tua makin mengetahui tingkat kompetisi yang ketat dalam hal pendidikan dan pekerjaan. Semakin besar kota maka semakin tinggi tuntutan kompetisinya. Oleh sebab itulah kebutuhan akan kursus paling banyak berkembang di kota – kota besar. Jenis kursus yang banyak dipilih pun kebanyakan yang berhubungan dengan kemampuan kognitif yang lebih mengandalkan kerja otak kiri. Hal ini dapat dipahami karena kemampuan berhitung diperlukan pada hampir setiap bidang pekerjaan. Bahkan fakta di lapangan membuktikan bahwa pekerjaan yang membutuhkan kemampuan matematika memang memiliki imbalan gaji yang cukup tinggi.

Hal ini dipertegas lagi dengan penelitian para ahli di luar negri yang menguraikan pentingnya stimulasi sejak dini untuk mengembangkan kemampuan anak secara optimal. Maka berlomba – lombalah para orang tua ingin memberikan stiulasi yang baik untuk anaknya. Namun kadangkala orang tua terlalu bersemangat memasukkan anak keberbagai macam kursus tanpa mempertimbangkan kondisi emosional anak. Sebenarnya banyaknya kursus yang harus diikuti si kecil tidak akan membuat potensi anak berkembang dengan optimal. Energi anak tidak seperti energi orang dewasa yang sanggup bekerja dalam waktu yang lama. Anak butuh istirahat yang cukup dan lebih banyak berinteraksi dengan lingkungan sosial disekitarnya.

Terlalu banyak kegiatan rutin akan menjadi beban bagi anak dan anak bisa mengalami kelelahan mental. Dampak selanjutnya berpengaruh pada konsentrasi dan daya ingat yang menurun. Hal inilah yang harus menjadi pertimbangan utama orang tua. Berkurangnya waktu bermain akan menyebabkan krisis emosional anak. Bukan tidak mungkin anak menjadi anti sosial dan menjadi anak “semau gue”. Puncak dari semua itu, pada akhirnya muncul perilaku negative pada anak.

Sebenarnya keinginan setiap orang tua untuk mempersiapkan buah hatinya sebaik mungkin adalah suatu hal yang wajar. Namun orang tua tidak boleh memasukkan anaknya mengikuti suatu kegiatan tanpa perhitungan.

Hal- hal yang harus diperhatikan orang tua antara lain:

  1. Perhatikan minat dan bakat anak. Orang tua sebenarnya bisa menjadi observer bagi anaknya. Orang tua bisa mengetahui apa yang disukai atau tidak disukai anak sehingga menjadi pedoman memilihkan kursus yang sesuai dengan anak. Jadi apabila anak memiliki kesukaan dibidang olah raga jangan memasukkan anak kursus musik. Hal itu tidak akan membuat anak nyaman.
  2. Letak tempat kursus dari rumah jangan terlalu jauh. Ini untuk menghindari kelelahan fisik selama perjalanan.
  3. Usahakan jenis kursus tidak hanya yang mengoptimalkan kerja otak kiri saja tetapi juga menyeimbangkan dengan otak kanan seperti seni dan olah raga.
  4. Hindari pilihan jenis kursus yang terlalu banyak. Pilihlah satu atau dua jenis kursus yang benar benar diminati anak dan tentunya bermanfaat bagi anak. Anak yang diberi kesempatan mengembangkan satu macam kemampuan akan lebih bisa mengembangkan potensinya dibandingkan anak yang diharuskan mengembangkan banyak kemampuan.
  5. Komunikasikan setiap pilihan jenis kursus kepada anak. Biarkan anak yang memilih. Orang tua jangan sampai memaksakan kehendak. Pemaksaan yang dilakukan orang tua bukan tidak mungkin menyebabkan anak menjadi mudah ngambek, mudah marah-marah dan anak menjadi frustasi.
  6. Pastikan kursus yang dijalani si kecil memiliki metode yang menyenangkan dan memiliki pendekatan yang holistic sehingga anak tidak cepat bosan.

Bagaimanapun belajar merupakan proses, jadi jangan hanya mengharapkan hasil akhir dari suatu proses namun perhatikan nilai – nilai apa yang didapatkan anak dari kursus tersebut,efek yang didapatkan anak dan potensi apa yang bisa dikembangkan anak.

---------Bina kreatif 2009---------

Comments :

0 komentar to “PERLUKAH KURSUS UNTUK ANAK”

SEMINAR PSIKOLOGI ( Sasaran Orang tua dan pelaku Pendidikan)

SEMINAR PSIKOLOGI ( Sasaran Orang tua dan pelaku Pendidikan)
Tujuan : Memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada orang tua tentang perkembangan psikologi dan perkembangan emosional anak, sehingga bisa mencari solusi permasalahan anak dengan tepat.

"SMART Parenting Bina Kreatif Kids Care"

"SMART Parenting Bina Kreatif Kids Care"
"Sekolah yang baik adalah sekolah yang bisa meng-akumudir style dan potensi anak, jadi sekolah yang favorit menurut kebanyakan orang belum tentu baik untuk anak kita."Cuplikan dialog (Red)

KANTOR " BINA KREATIF "

KANTOR " BINA  KREATIF "
Alhamdulillah Kantor sekaligus tempat berbagi pengetahuan tumbuh kembang anak telah dioprasikan. Ingin Info lebih banyak silahkan Hubungi Management BKKC : 021 95192514 semoga banyak manfaatnya. Amin.

TEAM BINA KREATIF KIDS CARE

TEAM  BINA KREATIF KIDS CARE
Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing , tugas kita sebagai orang tua hanyalah membimbing , mengarahkan dan mendidiknya dengan baik. Kesabaran dalam mengasuh anak adalah kunci utama keberhasilan menjadikan anak - anak yang hebat , berakhlaq dan cerdas.
 

INFO 2009

INFO  2009

CONSULTING INFORMATION

CONSULTING  INFORMATION

INGIN KONSULTASI PSIKOLOGI

INGIN  KONSULTASI PSIKOLOGI