PERSIAPAN ANAK MEMASUKI JENJANG SEKOLAH DASAR


Oleh : Kak Wien


Makin maraknya Sekolah Dasar di wilayah kita ini , menuntut kita lebih selektif memilihkan sekolah untuk anak- anak kita.

Semua sekolah tentu menawarkan program – program yang mereka unggulkan dari mulai fasilitas , sumber daya , materi , akreditasi dan sebagainya. Banyak orang tua bertambah bingung saat harus menentukan sekolah mana yang terbaik untuk anak – anak mereka.

Catatan penting yang perlu diperhatikan orang tua adalah :

1. Apakah sekolah itu jauh atau dekat dengan tempat tinggal kita.

2. Apakah program yang ditawarkan sekolah sesuai dengan anak – anak kita.

3. Apakah lingkungan sekolah mendukung anak – anak kita belajar dan berprestasi , juga cocok untuk bersosialisasi anak.

4. Apakah sumberdayanya ( Para pengajarnya ) Komunikatif dan familier.

5. Apakah ada tempat konsultasi orang tua mengenai perkembangan dan permasalahan yang dialami anak dan sifatnya berkala.

Lalu bagai mana mempersiapkan anak - anak kita selanjutnya, beberapa hal yang jadi pertimbangan antara lain :

1. Usia anak.

2. Study style.

3. Kondisi Emosional.

4. Pemahaman konsep.

Ad.1. USIA ANAK

Usia anak ternyata sangat berpengaruh terhadap perkembangan selanjutnya, terutama konsentrasinya dalam belajar. Paling tidak usia yang ideal anak masuk ke sekolah dasar adalah 6 tahun 2 bulan dengan kurikulum baru 2007 yang menuntut anak untuk lebih kreatif dan berpikir cepat.

Jika usia anak kita sudah melewati usia itu , berarti anak sudah siap mengikuti kegiatan belajar mengajar di tingkat sekolah dasar. Lalu bagaimana kalau usia anak belum mencapai itu ? Ada dua hal yang mestinya jadi perhatian kita sebagai orang tua kalau usia anak belum mencapai standar ketentuan yang ada.

a. Orang tua tidak terjebak di “ Academic skill ” paling tidak selama satu semester.

b. Komunikasi aktif selama tiga bulan pertama antara Anak , Guru dan Orang tua.

Ad. 2. STYLE ANAK

Pahami gaya belajar anak. Karena pada dasarnya kebutuhan belajar setiap anak berbeda. Jangan sampai orang tua tidak mengetahui kesulitan belajar anak disekolah. Perbedaan gaya belajar anak dengan sistem mengajar di sekolah akan menimbulkan dampak negatif pada anak. Ada 5 Style yang perlu jadi pertimbangan,

a. Visual Style.

b. Audio Style

c. Natural Style

d. Konseptual Style

e. Kinestetic style


Ad. 3. EMOSIONAL ANAK

Ketika anak kita memasuki lingkungan yang baru akan mengalami depresi ringan , terutama proses sosialisasi anak. Temani anak dan berusahalah menjadi sahabat bagi anak-anak kita.


Ad. 4. KONSEP ANAK

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah konsep yang telah ada pada diri anak – anak kita apakah sudah bisa diaplikasikan di sekalah atau di lingkungan barunya. Kalau belum kita sebagai orang tua harus berusaha memberikan pemahaman yang cukup terhadap anak - anak .

Demikian sekilas , hal –hal yang sekiranya perlu diperhatikan orang tua sebagai kesiapan kita melepas anak – anak ke jenjang selanjutnya.


*** Bina Kreatif 2008 ***

Comments :

1
meilasari mengatakan...
on 

sebagai ibu yang memiliki anak di TK B, saya sangat terbantu sekali dengan artikel ini. tapi kok tidak dijelaskan ya 5 tipe anak-nya. jadi nebak-nebak nih anak saya termasuk tipe apa.

SEMINAR PSIKOLOGI ( Sasaran Orang tua dan pelaku Pendidikan)

SEMINAR PSIKOLOGI ( Sasaran Orang tua dan pelaku Pendidikan)
Tujuan : Memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada orang tua tentang perkembangan psikologi dan perkembangan emosional anak, sehingga bisa mencari solusi permasalahan anak dengan tepat.

"SMART Parenting Bina Kreatif Kids Care"

"SMART Parenting Bina Kreatif Kids Care"
"Sekolah yang baik adalah sekolah yang bisa meng-akumudir style dan potensi anak, jadi sekolah yang favorit menurut kebanyakan orang belum tentu baik untuk anak kita."Cuplikan dialog (Red)

KANTOR " BINA KREATIF "

KANTOR " BINA  KREATIF "
Alhamdulillah Kantor sekaligus tempat berbagi pengetahuan tumbuh kembang anak telah dioprasikan. Ingin Info lebih banyak silahkan Hubungi Management BKKC : 021 95192514 semoga banyak manfaatnya. Amin.

TEAM BINA KREATIF KIDS CARE

TEAM  BINA KREATIF KIDS CARE
Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing , tugas kita sebagai orang tua hanyalah membimbing , mengarahkan dan mendidiknya dengan baik. Kesabaran dalam mengasuh anak adalah kunci utama keberhasilan menjadikan anak - anak yang hebat , berakhlaq dan cerdas.
 

INFO 2009

INFO  2009

CONSULTING INFORMATION

CONSULTING  INFORMATION

INGIN KONSULTASI PSIKOLOGI

INGIN  KONSULTASI PSIKOLOGI