MENJADI SAHABAT SEKALIGUS TEMAN BAGI ANAK

Obrolan pagi ala Kak Wien ……..

Menjadi Sahabat sekaligus teman bagi anak - anak

Sepuluh tahun yang lalu berdasarkan penelitian , volume otak anak usia 5 tahun masih dalam kategori perkembangan yang biasa. Namun decade 2000-an perkembangan volume otak anak meningkat rata – rata 10% - 15 %, hal ini bisa disebabkan oleh nutrisi yang lebih seimbang juga termasuk perkembangan kecerdasan anak – anak sekarang cenderung meningkat , ada beberapa hal yang memungkinkan perkembangan itu optimal :

1. Nutrisi yang lebih baik

2. Pemahaman orang tua tentang anak meningkat / lebih baik dari sebelumnya

3. Stimulan yang di berikan pada anak – anak sekarang lebih kreatif dan vareatif

4. Informasi yang masuk ke anak sangat beragam

1. Nutrisi yang lebih baik

Kalau kita simak saat ini banyak sekali “produk makanan atau minuman” yang ditawarkan produsen pada konsumen mulai dari produk Susu , produk makanan pendamping , bubur dll, semua berorientasi pada kebutuhan “balita” dan pada akhirnya orang tua akan memilihkan produk menu terbaik untuk putra – putrinya. Hal ini juga sangat mempengaruhi pada pertumbuhan “Volume otak anak” . Berdasarkan penelitian ternyata memang nutrisi besar pengaruhnya terhadap perkembangan otak dan kecerdasan anak.

Gimana ? ……. Rehat dulu kita coba evaluasi ke anak – anak kita … sudah kita berikan nutrisi yang baik belum untuk anak……. He… he….. menu makanan sehat tidak harus yang instan lho…. Sayur buatan mama juga tidak kalah koq….. coba saja menu sayur bayam buatan mama……wah tentu bergizi juga…… eh…para ibu jangan berkecil hati ya….. menu masakan buatan mama juga Dahsyat koq untuk anak….(red )

2. Pemahaman orang tua tentang anak meningkat

“Kursus Mendidik Anak ?” … memang ada? …… ternyata sekarang ini banyak sekali lembaga atau institusi yang menawarkan “Kursus mendidik anak “ supaya lebih berkualitas, Disamping itu banyak juga buku – buku tentang perkembangan psikologis anak, mulai dari dalam kandungan sampai pada usia remaja anak. Orang tua memiliki banyak pilihan untuk mendapatkan ilmu mendidik anak . Semakin meningkatnya pengetahuan orang tua tentang anak tentunya akan semakin berkualitas dalam pengasuhannya. Kalau kita amati lebih dari 500 judul buku tentang cara / metode mendidik dan mengoptimalkan potensi anak. Hal inilah yang membuat perkembangan anak – anak semakin baik. Juga tak kalah besar peranan dari internet, bahkan banyak orang tua memperoleh informasi tentang anak dari internet.

Nah … saat ini juga sudah dimulai dari “Bina kreatif Parenting Course” dengan menghadirkan psikolog anak ke sekolah yang jadi binaan , tentu hal ini jadi satu trobosan yang sangat dinantikan banyak orang tua….. ( kita ambil respon dari peserta parenting course , sebagian besar menganggap sangat penting dan perlu , bahkan tidak sedikit orang tua murid yang akhirnya mengadakan kegiatannya di perkumpulan arisan, pengajian , majelis ta’lim bahkan sampai pada perkumpulan ibu – ibu PKK kelurahan…. He…he… Psikolog goes to School….. sampai saat ini respon yang kami terima sangat positif…. Sukses Bina Kreatif…. Redaksi )

3. Stimulan yang diberikan pada anak makin kreatif dan bervareatif

“Kursus membaca a,I,u,e,o untuk balita?” …….. “Kursus Sempoa, mental aritmatika , jarimatika untuk balita dan pra sekolah?” ……. “Kursus bahasa inggris untuk prasekolah dan balita?” …. “Kursus olah vocal , menari, karate berenang untuk anak?” dan masih banyak lagi yang di tawarkan untuk anak…. Bahkan ada lembaga Pra sekolah yang menawarkan berbagai methode pembelajaran untuk anak….. lalu sebagai orang tua tentunya makin banyak pilihannya…… ada yang memahami betul kondisi anaknya, ada yang ikut – ikutan dan lain – lain pilihannya…… intinya semua berorientasi pada Akademik skill nya anak. Adalagi metode belajar dengan Glen Domand dan masih banyak lagi. semakin vareatifnya metode membuat orang tua mempunyai banyak pilihan untuk mengajari anak – anak nya.

Wow…ternyata bayak sekali yang menawarkan cara terbaik dalam belajar… kita deh sebagi orang tua kadang tambah bingung mana yang mesti dipilih….. yang harus jadi pegangan bagi para orang tua “Boleh kita mengajarkan bermacam methode pembelajaran untuk anak – anak tapi yang lebih penting harus “Kreatif , fun…belajar sambil bermain…. And…. Anak tidak terbebani dengan bermacam – macam hal yang di berikan !!!!” Oke …untuk para orang tua mesti kreatif , sabar dan memahami anak – anak.

Untuk lebih memahami pernak – pernik kursus untuk anak buka artikel berjudul “ Haruskah anak Kursus?”

4. Informasi sangat beragam yang di terima anak.

Dari mulai media televisi , animasi , game bahkan sampai pengenalan belaajar melalui “Multi Media” bahkan anak anak sekarang sudah pandai bermain dengan media computer, termasuk juga tentang program “Media Edukasi” untuk pre school, mulai dari mewarnai , mengenal huruf , mengenal angka , belajar membaca , belajar berhitung dan sebagainya. Termasuk juga mendapatkan pembelajaran dari buku – buku yang beragam dan menarik untuk anak – anak. Dari penelitian ternyata peran media juga penting dalam perkembangan kecerdasan anak.

Nah… semakin banyak informasi yang didapat anak , semakin pintarlah anak – anak , yang penting sekarang bagaimana kita bisa memberikan informasi terbaik untuk anak dan mem-back up informasi negative-nya

Saran Untuk para Orang tua dan para Guru Pra sekolah……..

  1. Terus active mencari dan menuntut ilmu perkembangan psikologis anak,
  2. Tetap kreative dalam mengajarkan materi untuk anak ,
  3. Jeli merespon permasalahan yang dialami anak
  4. Tetap sabar menghadapi perkembangan emosional dan kecerdasan anak
  5. Jangan membanding – bandingkan kekurangan dan kelemahan anak
  6. Tetap siap menghadapi kondisi anak, siap menemani belajar , siap menerima kritikan dari anak
  7. Siap menjdi sahabat sekaligus teman bagi anak - anak.
  8. Berbagilah dengan pasangan hidup anda dalam mendidik dan mengarahkan anak
  9. Dan akhirnya bersiaplah menjadi Orang tua yang selalu menjadi figure Positif bagi anak – anak

Dengan bekal ilmu yang cukup , kesabaran yang tinggi dan kreatif yang selalu kita lakukan , tentunya anak – anak akan terus merasa “Nyaman” berada disisi orang tuanya yang menjadi sahabat sekaligus teman bagi anak – anak.

Kembali ke Laptop …he….he…. kata Mas Tukul Arwana……..

Oke… selamat berjuang semaga kita tetap menjadi sahabat sekaligus teman bagi anak – anak kita. Semoga berhasil.

Kak wien , Bina Kreatif 2009

Comments :

0 komentar to “MENJADI SAHABAT SEKALIGUS TEMAN BAGI ANAK”

SEMINAR PSIKOLOGI ( Sasaran Orang tua dan pelaku Pendidikan)

SEMINAR PSIKOLOGI ( Sasaran Orang tua dan pelaku Pendidikan)
Tujuan : Memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada orang tua tentang perkembangan psikologi dan perkembangan emosional anak, sehingga bisa mencari solusi permasalahan anak dengan tepat.

"SMART Parenting Bina Kreatif Kids Care"

"SMART Parenting Bina Kreatif Kids Care"
"Sekolah yang baik adalah sekolah yang bisa meng-akumudir style dan potensi anak, jadi sekolah yang favorit menurut kebanyakan orang belum tentu baik untuk anak kita."Cuplikan dialog (Red)

KANTOR " BINA KREATIF "

KANTOR " BINA  KREATIF "
Alhamdulillah Kantor sekaligus tempat berbagi pengetahuan tumbuh kembang anak telah dioprasikan. Ingin Info lebih banyak silahkan Hubungi Management BKKC : 021 95192514 semoga banyak manfaatnya. Amin.

TEAM BINA KREATIF KIDS CARE

TEAM  BINA KREATIF KIDS CARE
Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing , tugas kita sebagai orang tua hanyalah membimbing , mengarahkan dan mendidiknya dengan baik. Kesabaran dalam mengasuh anak adalah kunci utama keberhasilan menjadikan anak - anak yang hebat , berakhlaq dan cerdas.
 

INFO 2009

INFO  2009

CONSULTING INFORMATION

CONSULTING  INFORMATION

INGIN KONSULTASI PSIKOLOGI

INGIN  KONSULTASI PSIKOLOGI