INDIGO CHILD

By : Bina Kreatif

Diera millennium sekarang ini muncul suatu fenomena kejiwaan baru yang disebut indigo- child. Indigo adalah warna nila,warna biru keunguan. Dalam istilah psikiatri/ ilmu jiwa istilah ini dipakai untuk mengidentifikasi seseorang dengan warna aura dominant nila. Lee Carrol dan Jan Tober dalam bukunya yang berjudul The Indigo Children menyebutkan bahwa para pakar dan praktisi kesehatan anak menemukan anak- anak yang termasuk indigo child memperlihatkan serangkaian cirri atau karakteristik psikologis baru dan tidak biasa. Pola perilakunya yang secara umum juga belum terdokumentasi atau diketahui sebelumnya. Ciri yang dapat dibuktikan hanya dengan perangkat foto aura.

Adapun cirri- cirri anak indigo adalah :

  1. Memiliki kesulitan menghadapi otoritas mutlak.
  2. Tidak mau melakukan kegiatan tertentu seperti menunggu giliran dan kegiatan lain yang mengikuti aturan ( yang menurutnya tidak masuk akal )
  3. Seringkali menemukan cara yang lebih baik untuk mengerjakan sebuah kegiatan baik dirumah atau disekolah.
  4. Tampak sebagai pribadi yang asosial ( kecuali dikalangannya sendiri)
  5. Mudah frustasi menghadapi system yang berorientasi pada ritual serta kegiatan yang tidak menuntut kreativitas.
  6. Tidak dapat dididik dengan disiplin kaku.
  7. Tidak malu membiarkan orang lain mengetahui apa yang mereka butuhkan
  8. Penghargaan terhadap diri sendiri bukanlah hal utama yang mereka cari.
  9. Perilaku mereka seringkali menunjukkan bahwa diri mereka sudah “ditakdirkan” hadir didunia.

10 Mereka biasanya muncul sebagai sosok yang memiliki keagungan kewibawaan.

Indera keenam dan kepekaan juga menjadi cirri yang umumnya dijumpai pada anak- anak indigo. Selain cirri umum tersebut, ada 4 tipe indigo child yakni tipe humanis, tipe konseptual, artis( seniman) dan interdimensi ( menguasai segala bidang) yang sangat jarang jumlahnya.

Anak indigo seringkali tidak mau diperlakukan seperti anak kecil dan tidak mau mengikuti tata cara maupun prosedur yang ada karena sudah punya rekaman dialam bawah sadar yang lebih maju dan canggih. Tandanya sudah muncul sejak anak mulai bisa berbicara. Hal ini ditandai dengan bicaranya yang berbeda dengan anak lain.

Dalam penanganan bila menghadapi masalah, psikiater akan membiarkan indigo child berperan aktif dalam terapi. Tetapi bagi pasien yang belum mampu berperan aktif ( yakni anak kecil yang secara fisik masih lemah dan belum kooperatif dia dapat dibantu oleh keluarga atau orang terdekatnya.

Untuk mengetahui apakah anak merupakan indigo atau tidak, maka cara pertama yang mudah adalah dengan memeriksakan aura dengan aura video station.

Penanganan yang kurang tepat menyebabkan anak menjadi bingung. Oleh karena anak indigo memiliki apa yang disebut indera keenam, maka ketika anak harus menyangkal apa yang diketahuinya (missal tentang apa yang akan terjadi) semata mata karena berlawanan dengan orang tua, apa yang dilihat atau didengar dianggap hanya khayalan maka anak bisa frustasi.

Anak indigo seringkali mengalami kesulitan belajar disekolah, meskipun ia memiliki skor iq yang tinggi. Kesulitan lain yang muncul adalah sering erasa takut dikarenakan kelebihan indera pendengaran dan penglihatannya.Perasaan tidak aman terhadap lingkungan menyebabkan anak indigo berperilaku asosial.

Yang terpenting orang tua yang memiliki anak indigo harus bisa memberikan rasa aman pada anak. Jika anak merasa aman, ia berkesempatan untuk berkembang dengan optimal.

Info : www.bina.kreatif@yahoo.co.id

Comments :

0 komentar to “INDIGO CHILD”

SEMINAR PSIKOLOGI ( Sasaran Orang tua dan pelaku Pendidikan)

SEMINAR PSIKOLOGI ( Sasaran Orang tua dan pelaku Pendidikan)
Tujuan : Memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada orang tua tentang perkembangan psikologi dan perkembangan emosional anak, sehingga bisa mencari solusi permasalahan anak dengan tepat.

"SMART Parenting Bina Kreatif Kids Care"

"SMART Parenting Bina Kreatif Kids Care"
"Sekolah yang baik adalah sekolah yang bisa meng-akumudir style dan potensi anak, jadi sekolah yang favorit menurut kebanyakan orang belum tentu baik untuk anak kita."Cuplikan dialog (Red)

KANTOR " BINA KREATIF "

KANTOR " BINA  KREATIF "
Alhamdulillah Kantor sekaligus tempat berbagi pengetahuan tumbuh kembang anak telah dioprasikan. Ingin Info lebih banyak silahkan Hubungi Management BKKC : 021 95192514 semoga banyak manfaatnya. Amin.

TEAM BINA KREATIF KIDS CARE

TEAM  BINA KREATIF KIDS CARE
Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing , tugas kita sebagai orang tua hanyalah membimbing , mengarahkan dan mendidiknya dengan baik. Kesabaran dalam mengasuh anak adalah kunci utama keberhasilan menjadikan anak - anak yang hebat , berakhlaq dan cerdas.
 

INFO 2009

INFO  2009

CONSULTING INFORMATION

CONSULTING  INFORMATION

INGIN KONSULTASI PSIKOLOGI

INGIN  KONSULTASI PSIKOLOGI